Thursday 29 September 2016

Tips dan trik membuat Hotspot CMD tanpa mengetik

Pernahkah anda membuat hotspot pada laptop/pc anda? Jika tidak silahkan baca terlebih dahulu turtorial Membuat hotspot melalui laptop/PC tanpa software. Namun jika sudah pernah pasti anda merasakan ribet sendiri dengan mengetik perintahnya setiap akan mengaktifkan hotspotnya sendiri!? Oke sobat Random Artikel, pada kali ini saya akan membagikan Tips dan Trik membuat Hotspot CMD tanpa mengetik yang berikut langkah-langkahnya :

Pertama bukalah Notepad, kemudian silahkan ketikan script CMD set hotspot. Sebagai contohnya adalah sebagai berikut "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=RandomArtikel key=qwerty234"

Setelah itu silahkan save script tersebut dengan file name berformat "Set Hotspot.bat".
Note* file name tersebut hanyalah bersifat opsional, jadi anda bebas memberi nama sesuai dengan kemauan anda dengan catatan anda tidak merubah format save ".bat" (tanpa tanda kutip).
Simpan file tersebut di dekstop untuk lebih memudahkan anda atau anda bisa menaruhnya di dalam folder lain yang anda inginkan.

Set Hotspot

Jika sudah, lakukan hal yang sama pada script "netsh wlan start hostednetwork" dengan file name Start Hotspot dan "netsh wlan stop hostednetwork" dengan nama file Stop Hotspot.



Start Hotspot
Stop Hotspot
Jika sudah, save semua file di atas dan satukan dalam satu folder, berikut adalah penampakannya


Penjelasan :
  • Set Hotspot, file ini bertujuan untuk mengset hotspot anda, disini bermuat nama hotspot dan password dari hotspot anda. Anda ingin mengubahnya diantara keduanya? cukup mudah, klik kanan pada file tersebut lalu pilih edit.
  • Start Hotspot, file ini bertujuan untuk memulai atau mengstart hotspot/wifi anda.
  • Stop Hotspot, file ini bertujuan untuk memberhentikan atau mengstop hotspot/wifi anda.
Penting! untuk bisa menjalankan semua file tersebut anda harus menjalankan via Run As Administrator.
Jika hotspot anda masih dalam keadaan No Internet Access, silahkan baca terlebuh dahulu Membuat hotspot melalui laptop/PC tanpa software

Bagaimana sobat Random Artikel? Tips dan trik membuat Hotspot CMD tanpa mengetik? Sangat mudah dan mebantu bukan? Jika anda masih kebingungan silahkan post komentar anda dan saya akan berusaha menjawabnya.



2 comments: